Kiat Berbisnis Bagi Pemula

Dear diary…

Kali ini kita akan membahas beberapa kiat berbisnis bagi pemula. Dalam hal bisnis memang saya tidak memiliki kompetensi apapun di dalamnya, namun beberapa rekan serta keluarga saya telah memberikan wejangan yang telah menggiring mereka ke arah kesuksesan.

Baiklah, kita langsung saja membahas satu persatu apa saja yang perlu kita perhatikan dalam mengawali bisnis.

  1. Jangan takut jika modal kecil. Jika Anda memiliki modal yang keil jangan langsung berkecil hati. “Bagaimana tidak kecil hati, kan modalnya gak cukup?” Untuk lebih jelasnya Anda bisa klik di sini.
  2. Tentukan akan melangkah ke mana. Setidaknya, Anda harus bisa membaca trend set yang akan datang. Dengan memprediksi hal baru yang akan menjadi trend, Anda akan dapat meraih keuntungan bukan di awal saat anda memulai bisnis. Sebagai contoh, jika saat ini musim kemarau tentu tidak ada gunanya jika berjualan payung atau jas hujan. Tetapi jika Anda berani mengambil risiko, pastinya Anda di saat musim hujan datang, konsumen akan berdatangan saat Anda memiliki jumlah stock yang cukup dengan harga yang lebih murah.
  3. Jangan takut gagal. Ini adalah salah satu pedoman yang harus dipegang bagi siapapun. Mengapa? Seperti yang sering dimunculkan di kutipan orang-orang terkenal, bahwa kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Dengan mendapati kegagalan, Anda dapat memahami letak kekurangan atau kesalahan yang Anda lakukan. Hal itu dapat menjadi acuan Anda untuk memperbaiki dan tetap terus melangkah dan bukan menjadi alasan untuk berhenti melangkah.
  4. Ini adalah dunia Anda. Bisnis yang Anda pilih, adalah pilihan Anda sendiri. Andalah yang berhak menentukan aturan main di dalamnya. Hanya saja, janganlah merasa terlalu congkak dengan keputusan yang Anda sehingga akan menjadi batu sandungan Anda sendiri nantinya.
  5. Catat setiap aktivitas keuangan Anda. Tidak sedikit yang memiliki pemikiran jika masih mengawali usaha, tidak perlu melakukan pencatatan keuangan, ribet jika harus berkutat dengan buku. Tentu saja hal ini kurang tepat jika diterapkan. Sekecil apapun pengeluaran dan pemasukan bagi usaha Anda, setidaknya lakukanlah pencatatan keuangan. Dan jika Anda merasa ribet dengan harus membawa-bawa buku kas kemanapun Anda pergi, maka di era smartphone ini banyak aplikasi buku kas yang sudah tersedia baik gratis maupun berbayar. Sebagai rekomendasi, AKUN.biz merupakan salah satu aplikasi buku kas online gratis yang memiliki fitur-fitur penunjang usaha Anda.
  6. Percayalah dengan diri Anda Sendiri. Sederas apapun badai yang akan melanda Anda, tetaplah berpegang kuat pada prinsip Anda sendiri. Bahkan saat di situasi yang terjepit pun, Anda bisa mengandalkan “The Power of Kepepet” 😆 Namun itu benar adanya, seperti yang pernah saya bahas sebelumnya mengenai Om Dir. Beliau pula yang mengajarkan saya akan hal tersebut.

Sementara itu saja kiat yang bisa saya bahas di sini. Di lain kesempatan, saya akan berbagi cerita dan pengalaman selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s